Sabtu, 04 September 2010

Pertemuan 1



· Pengantar Web

- www (Word Wide Web) : merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama-sama. Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan suatu network dengan network lainya di seluruh dunia, TCP/IP menjadi protocol penghubung antara jaringanjaringan yang beragam di seluruh dunia untuk dapat berkomunikasi. World Wide Web (WWW) merupakan bagian dari internet yang paling cepat berkembang dan paling populer. WWW bekerja merdasarkan pada tiga mekanisme berikut:

· Protocol, standard aturan yang di gunakan untuk berkomunikasi pada computer networking. Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protocol untuk WWW.

· Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu URL (Uniform Resource Locator) yang di gunakan sebagai standard alamat internet.

· HTML digunakan untuk membuat document yang bisa di akses melalui web.

- Web adalah adalah fasilitas hypertext yang mampu menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan multimedia lainnya, di mana di antara data-data tersebut saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lainnya. Untuk memudahkan dalam membaca data tersebut diperlukan sebuah web browser seperti Internet Explorer, Netscape, Opera, maupun Mozilla Firefox.

- Website (situs web) : merupakan tempat penyimpanan data dan informasi berdasarkan topik tertentu. Diibaratkan web site ini seperti buku yang berisi topik tertentu.

- Web Pages (halaman web) : merupakan sebuah halaman khusus dari situs web tertentu. Diibaratkan halaman web ini seperti halaman khusus dari buku.

- Homepage : merupakan sampul halaman yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs web.

· Prinsip Kerja Web Server



1. Client disini dapat berupa komputerdesktop dengan minimal memilikibrowser dan terhubung ke web server melaluijaringa n (intranet atau internet)

2. Komputer yang berfungsi sebagai server, dimana didalamnya terdapat perangkat lunak web server, seperti Apache, IIS, PWS

3. Pertama-tama, client (user) akan meminta suatu halaman ke (web) server untuk ditampilkan di komputer client. Misalnya client mengetikkan suatu alamat (biasa disebut URL) di browser

4. Sekarang dari sisi server (web server). Mendapat permintaan halaman utama google dari client, si server akan mencari-cari di komputernya halaman sesuai permintaan dan jika ditemukan akan mengirimkan kembali ke client.

· Kelebihan web

· Informasi diakses semua orang

· Infrastruktur pengguna tidak terbatas

· Pengaturan aplikasi minim

· Sedikit menggunakan fasilitas OS

· Sekuritas minimal

· HTML

Hypertext Markup Language merupakan standard bahasa yang digunakan untuk menampilkan document web, yang bisa anda lakukan dengan HTML yaitu:

· Mengontrol tampilan dari web page dan contentnya.

· Mempublikasikan document secara online sehingga bisa di akses dari seluruh dunia.

· Membuat online form yang bisa di gunakan untuk menangani pendaftaran,

transaksi secara online.

· Menambahkan objectobject seperti image, audio, video dan juga java applet

dalam document HTML.

. Dokumen HTML disusun elemen - elemen atau komponen dasar pembentuk HTML. Contoh dari elemen dokumen HTML adalah : head, body, table, paragraf, list

· Definisi Tag

· Tag digunakan untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML

· Tag HTML terdiri atas sebuah sudut kiri (<, tanda lebih kecil), nama sebuah tag, dan sebuah tanda kurung sudut kanan (>, tanda lebih besar

· Tag umumnya berpasangan

· Elemen HTML yang diperlukan

· Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag ,, dan .

· Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemn Head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang akan ditampilkan di browser.

· Setiapdokumenhtml harusdiwalidenganmenuliskantag dan tag diakhirdokumen.

· Tag HTML tidak ‘case sensitive’

Tidak ada komentar: