Sabtu, 18 September 2010

Pertemuan 2

- CSS
Cascading Style Sheets (CSS) digunakan dalam halaman HTML untuk format dan tata letak yang terpisah dari konten. Rules defining color, size, positioning and other display aspects of elements are defined in the HTML page or in linked CSS pages. Aturan mendefinisikan warna, ukuran, posisi dan menampilkan aspek-aspek lain dari unsur yang didefinisikan dalam halaman HTML atau CSS di halaman terkait.

- JavaScript
JavaScript digunakan untuk membuat halaman HTML lebih dinamis dan interaktif. It can be used to validate forms, pop up new windows, and create dynamic effects such as dropdown menus and image rollovers. Hal ini dapat digunakan untuk memvalidasi bentuk, pop up windows baru, dan membuat efek dinamis seperti dropdown menu dan rollovers gambar.

- Waterfall model
Nama model ini sebenarnya adalah “Linear Sequential Model”. Model ini sering disebut dengan “classic life cycle” atau model waterfall. Model ini adalah model yang muncul pertama kali yaitu sekitar tahun 1970 sehingga sering dianggap kuno, tetapi merupakan model yang paling banyak dipakai didalam Software Engineering (SE). Model ini melakukan pendekatan secara sistematis dan urut. Disebut dengan waterfall karena tahap demi tahap yang dilalui harus menunggu selesainya tahap sebelumnya dan berjalan berurutan.

Mengapa model ini sangat populer??? Selain karena pengaplikasian menggunakan model ini mudah, kelebihan dari model ini adalah ketika semua kebutuhan sistem dapat didefinisikan secara utuh, eksplisit, dan benar di awal project, maka SE dapat berjalan dengan baik dan tanpa masalah. Meskipun seringkali kebutuhan sistem tidak dapat didefinisikan seeksplisit yang diinginkan, tetapi paling tidak, problem pada kebutuhan sistem di awal project lebih ekonomis dalam hal uang (lebih murah), usaha, dan waktu yang terbuang lebih sedikit jika dibandingkan problem yang muncul pada tahap-tahap selanjutnya.

- Site Plan
  • Tujuan singkat : berisi diskusi singkat untuk menjelaskan tujuan keseluruhan situs dan pengukuran dasar kesuksesan.
  • Tujuan detail : membahas tujuan situs secara rinci dan memberikan target yang terukur untuk memverifikasi manfaat dari situs.
  • Diskusi audience : menggambarkan kedua karakteristik audiens serta tugas penonton akan mencoba untuk menyelesaikan di situs ini.
  • Penggunaan diskusi : membahas berbagai tugas atau kunjungi skenario untuk pengguna situs
  • Isi konten : menyediakan daftar dari semua teks, gambar, dan media lain yang diperlukan di situs.
  • Bagian teknis : memberikan ikhtisar tentang jenis teknologi situs akan mempekerjakan, seperti HTML, XHTML, CSS, Javascript, CGI, Jawa, plug-in, dan seterusnya. Ini harus mencakup semua kendala teknis seperti persyaratan kinerja, persyaratan keamanan, multidevice atau pertimbangan multiplatform, dan persyaratan teknis lainnya yang berhubungan dengan kemampuan pengunjung.
  • Bagian visual : menguraikan dasar pertimbangan untuk desain interface, memberikan indikasi kendala pengguna untuk grafis dan multimedia. Bagian ini dapat memberi gambaran spesifik, seperti pembatasan penggunaan logo organisasi, font yang diperlukan, atau menggunakan warna.
  • Site structur diagram : memberikan struktur situs atau flow diagram yang merinci berbagai bagian dalam sebuah situs.

Tidak ada komentar: