Kamis, 23 September 2010

Pertemuan 3

Apa itu XHTML?

XHTML sama dengan HTML namun dikembangkan dengan mengadopsi aturan XML. Bila kita sudah pernah belajar HTML, akan dengan mudah kita mengenal XHTML. Ada beberapa poin penting yang membedakan (atau lebih tepat disebut dengan perbaikan) dari HTML:

* tag harus dituliskan dengan huruf kecil
* setiap nilai atribut harus diberi tanda petik (quote)
* semua tag harus ditutup (ada awal dan akhirnya)
* atribut yang biasanya hanya dituliskan tunggal, tetap harus diberi nilai (value)

XHTML adalah pada dasarnya gabungan dari HTML (didesain untuk menampilkan data) dan XML (didesain untuk menjelaskan data). XHTML adalah tambahan HTML, ini sangat mirip dengan HTML4.01 dan ini seharusnya untuk mengganti HTML. XHTML lebih “bersih” dibanding HTML dan juga sebuah bahasa mark-up yang disiplin. XHTML adalah sebuah aplikasi dari XML (Extensible Mark-up Languange). XHTML direkomendasikan oleh W2C pada january 2000.

Alasan utama adalah HTML kurang bagus! HTML terlalu flexibel, anda dapat menulis code yang tidak benar dan mungkin akan ditampilkan dengan benar, tetapi tidak pada semua browser! dan kita dalam situasi yang tidak diduga pada sebuah prosentase yang paling besar dari web site adalah berisi kode yang buruk! kita juga dalam zaman dimana beberapa orang menggunakan PDA dan mobile phone untuk surfing www, beberapa type dari browser tidak dapat mengerti kode yang buruk. XHTML bermaksud untuk memberikan beberapa solusi dari masalah seperti ini karena ini disiplin dan bersih!

Mengapa ada XHTML?

Halaman-halaman web dengan format HTML yang ada saat ini kebanyakan ‘kacau’ dan semrawut. Hal ini dikarenakan format dokumen yang tidak valid dan bagaimanapun juga, internet browser (IE, Mozilla) masih memaafkan hal-hal seperti itu.
Dilain tempat, terutama pada browser internet yang kecil resourcenya, jenis dokumen yang tidak standard sangat mengganggu. Yang juga berakibat dokumen tampil kacau atau bahkan tidak dapat ditampilkan.


Siapa yang membuat standard XHTML?
Standard XHTML dibuat oleh W3C yang independen terhadap vendor-vendor browser. Selain itu ada juga organisasi yang menyebut dirinya dengan webstandards.org yang memperjuangkan masalah standard dokumen HTML dan sejenisnya.


Perbedaan XHTML dan HTML

1. Semua XHTML elements harus dengan penutup.dalam HTML sebagai contoh dimulai dengan paragrap baru seharusnya ditutup paragrap sebelumnya. dalam XHTML Anda memerlukan sebuah tag pemulai dan tag akhiran

2. Nama Tag HARUS menggunakan huruf kecil

XHTML dalam sebuah aplikasi dari XML dan XML adalah case-sensitiv

3. semua elemen XHTML harus diantara root elemen. elemen dapat memiliki sub elemen tetapi harus berpasangan dan benar-benar bersarang dengan element induknya.


Aturan-aturan penulisan dalam XHTML mengadopsi aturan-aturan dalam dokumen XML yang disebut aturan well-formed, Aturan Penulisan sebiuah dokumen xHTML adalah :

  • Dokumen harus memiliki Document Type Definition (DTD) yang terletak paling awal dari sebuah dokumen, dan tag DTD harus menggunakan huruf kapital, dalam standar XHTML ada beberapa jenis DTD yaitu :

“http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-strict.dtd”> “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-transitional.dtd”> “http://www.w3.org/TR/xhtml1/DTD/xhtml1-frameset.dtd”>

  • Semua elemen xHTML harus tertutup, yakni elemen harus memiliki tag penutup. Berikut ini adalah kode yang salah :

ini adalah sebuah paragraf

dan ini adalah paragraf berikutnya

Dalam HTML penulisan tag seperti di atas masih diperbolehkan, tetapi dalam xHTML semua tag diharuskan memiliki tag penutup, sehingga penulisan tag yang benar adalah :

ini adalah sebuah paragraf

dan ini adalah paragraf berikutnya

  • Elemen kosong harus memiliki tag penutup atau tag awal yang diakhiri dengan “/>”. Berikut ini contoh penulisan yang salah :

Ini adalah sebuah pemisah
Ini adalah gambar ”gambar_saya.jpg”

penulisan yang benar menurut aturan xHTML adalah :

Ini adalah sebuah pemisah
Ini adalah gambar ”gambar_saya.jpg”

  • Contoh berikut ini adalah contoh penulisan tag yang tidak bersarang dengan benar

Tulisan ini dicetak tebal dan miring

penulisan tag bersarang yang benar adalah :

Tulisan ini dicetak tebal dan miring

  • Semua nama tag dan atribut dalam xHTML harus ditulis dalam huruf kecil. Dalam xHTML, nilai atribut harus berada dalam tanda kutip. Berikut ini penulisan nilai atribut yang salah :

penulisan yang benar adalah :

  • Aturan penulisan xHTML lainnya yaitu kejelasan sintaks dan pelarangan minimalisasi pada atribut. Minimalisasi pada atribut yang memiliki nilai sama dengan nama atributnya seperti contoh di bawah ini, dalam xHTML tidak diperbolehkan.

Tidak ada komentar: